7 Cara Mematikan Autocorrect Xiaomi (Koreksi Otomatis)

Firman Masianto

Cara Mematikan Autocorrect Xiaomi

Cara Mematikan Autocorrect Xiaomi – Xiaomi? Siapa tidak kenal brand asal Tiongkok ini yang sudah terkenal di Indonesia. Tawarkan spesifikasi dan kualitas HP terbaik dengan harga yang cukup terjangkau serta masih bersahabat dengan isi dompet.

Selain itu, fitur dibekalkan pada setiap produk-produk smartphone Xiaomi juga sudah yang terbaik. Termasuk adanya fitur Autocorrect atau koreksi otomatis, fitur ini akan membantu para pengguna saat mengetikkan tulisan di keyboard.

Namun dengan berbagai alasan, terkadang pengguna HP Xiaomi ingin mematikan fitur ini. Salah satu yang menjadi alasan umum yaitu karena sering terjadi typo atau kesalahan ketik, hal ini disadari ketika Anda membaca kembali hasil ketikan.

Tentu saja kejadian ini tidak ingin dialami ketika Anda sedang bertukar pesan dengan teman, saudara atau lainnya. Nah dengan cara mematikan adalah solusi terbaik, apakah Anda sudah tahu caranya? Jika belum, maka simak dan ikuti pembahasan berikut.

Fungsi Autocorrect di HP

Namun sebelum lanjut ke pembahasan terkait bagaimana cara mematikan fitur autocorrect tersebut, alangkah baiknya Anda mengetahui dahulu apa sebenarnya fitur autocorrect maupun koreksi otomatis ini.

Jadi pada keyboard HP Android terdapat fitur autocorrect yang berfungsi memperbaiki kata yang salah secara otomatis saat pengguna mengetikkan sebuah kata. Hadirnya fitur ini sangat membantu sebenarnya.

Hal itu dikarenakan mencegah terjadinya salah ketik (typo), terutama ketika pengguna memasukkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris. Namun dalam beberapa alasan ada saja pengguna yang ingin mematikan fitur ini.

Penting Atau Tidak Fitur Autocorrect ?

Mengenai penting atau tidaknya menghidupkan fitur autocorrect di HP Xiaomi adalah kebutuhan masing-masing dari pengguna. Jika memang membutuhkan, mengaktifkan adalah sebuah keharusan. Sedangkan jika dianggap tidak penting mematikan juga bukan sebuah kesalahan.

Karena autocorrect sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan di setiap aspeknya. Untuk kelebihan akan membantu pengguna menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan mengetikkan akan lebih cepat, sedangkan kekurangan kerap datang pada perubahan tanda baca.

Dengan begitu, kembali lagi pada setiap fungsi dan kebutuhan dari penggunaan ke depannya. Namun disini admin wintechmobiles sendiri tidak mengaktifkan alias mematikan fitur autocorrect pada perangkat yang digunakan.

Cara Mematikan Autocorrect Xiaomi

Jika Anda masih bingung dan sedang mencari informasi cara mematikan atau menonaktifkan fitur autocorrect di HP Xiaomi. Dengan berada dan membuka artikel ini adalah pilihan yang tepat, mengapa demikian?.

Karena pada kesempatan kali ini wintechmobiles akan menyampaikan bagaimana cara mudah mematikan autocorrect Xiaomi secara lengkap beserta gambar tutorialnya. Jadi agar lebih jelas, bisa simak berikut ini.

1. Buka Setelan

Langkah awal silakan buka menu “Setelan” / “Settings” / “Pengaturan” di HP Xiaomi yang Anda gunakan. Nah pada contoh kali ini admin wintechmobiles beri contoh dengan HP Xiaomi Redmi Note 8.

1. Buka Setelan

2. Pilih Setelan Tambahan

Setelah itu, maka akan otomatis banyak pilihan opsi sub menu baru pada layar tampilan HP Xiaomi Anda. Di sini Anda tinggal memilih dan klik dibagian “Setelan Tambahan”.

2. Pilih Setelan Tambahan

3. Pilih Bahasa & Masukkan

Muncul kembali beberapa pilihan opsi menu lainnya, untuk mematikan atau nonaktifkan fitur autocorrect Anda tinggal memilih saja di “Bahasa & Masukkan”.

Langkah ini sama seperti saat Anda ingin mengubah bahasa lain ke bahasa Indonesia seperti pada artikel yang sudah pernah kami bahas.

3. Pilih Bahasa Masukkan

4. Klik Atur Keyboard

Ada beberapa pilihan opsi menu baru lagi, dibagian ini Anda silakan klik saja di “Atur Keyboard” seperti tertera pada gambar di bawah ini.

4. Klik Atur Keyboard

5. Klik Setelan

Otomatis layar tampilan HP Xiaomi akan muncul seperti gambar berikut, silakan lihat. Jika sudah langsung saja klik pada bagian “Setelan”.

5. Klik Setelan

6. Pilih Koreksi Teks

Muncul opsi menu baru lainnya lagi, di sini Anda tinggal memilih dan klik saja pada bagian “Koreksi Teks” / “Text Correct”.

6. Pilih Koreksi Teks

7. Bagian Autocorrect Matikan

Langkah terakhir Anda para pengguna HP Xiaomi tinggal mematikan atau menonaktifkan fitur “Auto Correct” atau “Koreksi Otomatis” dengan geser toogle ke arah kiri.

7. Bagian Autocorrect Matikan

Catatan : Jika ke kiri (Mati) & ke kanan (Aktif).

Bagi Anda para pengguna HP Xiaomi 5A, Redmi Note 10, Redmi Note 9, Redmi 4A, Poco X3 dan semua tipe HP Xiaomi lainnya untuk cara mematikan fitur autocorrect text atau koreksi otomatis sama jadi tidak perlu merasakan kebingungan saat ingin menghilangkan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah mematikan autocorrect di atas, maka Anda bisa meminimalisir terjadinya salah rangkai kata pada saat melakukan ketik pesan atau ketik lainnya yang masih berhubungan dengan keyboard perangkat pintar ini.

Mungkin itu saja kiranya pembahasan dapat wintechmobiles.com sampaikan terkait cara mudah mematikan fitur autocorrect di HP Xiaomi. Semoga dengan adanya pembahasan cara mematikan autocorrect di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua yang membutuhkan.

Sumber Gambar : admin wintechmobiles.com, gizchina.it

Bagikan: